LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
DKJ Buka Sayembara Menulis, Hadiah Ratusan Juta Rupiah - LekoNTT

DKJ Buka Sayembara Menulis, Hadiah Ratusan Juta Rupiah


Jakarta, LekoNTT.com – Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali membuka sayembara kepenulisan di tahun 2019. Adapun jenis tulisan yang disayembarakan adalah kritik sastra, novel, dan cerita anak, dengan total hadiah seratus delapan puluh juta rupiah. Pengiriman naskah akan ditutup pada tanggal 3 September 2019, dibuktikan dengan cap pos.

Naskah sayembara novel tahun 2018. Foto: DKJ.
Melalui laman websitenya panitia sayembara mengatakan, tujuan diadakan sayembara kritik sastra adalah untuk mendorong munculnya kritik sastra pilihan. Dewan Kesenian Jakarta percaya bahwa bahwa kritik sastra akan mengantar pembaca menjumpai karya bermutu. Ada empat kategori pemenang untuk kriti sastra yaitu juara I, juara II, juara III, dan Tiga Besar, dengan hadiah tertinggi Rp 20.000.000 dan terendah Rp 5.000.000.

Sayembara novel sendiri telah diselenggarakan selama 45 tahun, yaitu sejak tahun 1974. Sayembara ini telah menginisiasi sejumlah kebaruan dalam penulisan sastra di Indonesia, dan menghasilkan beberapa nama penting dalam dunia sastra, sebut saja Putu Wijaya, Ahmad Tohari, Budi Darma, Hamsad Rangkuti, Ayu Utami, dan lain-lain. Ada empat kategori pemenang untuk sayembara novel yaitu Pemenang I, Pemenang II, Pemenang III, dan pemenang IV, dengan hadiah tertinggi Rp 30.000.000 dan terendah Rp 10.000.000.

Sementara itu, cerita anak adalah sayembara pertama yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Jakarta. Panitia sayembara mengatakan novel anak yang bagus bukan hanya asyik dibaca oleh anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Ceritanya seru, imajinatif, tidak menggurui, memerhatikan gaya bahasa dan cara penceritaan dari penulis, dan konflik yang relevan dengan usia anak-anak.

Panitia sayembara Dewan Kesenian Jakarta berharap, melalui sayembara ini akan muncul bacaan anak yang bermutu seperti Si Doel Anak Jakarta (Aman Datuk Madjoindo), Jago-jago Kecil (Ahmad Bakri), The Adventures Huckleberry Finn dan Tom Sawyer (Mark Twain), Oliver Twist (Charles Dickens). Ada tiga kategori pemenang untuk cerita anak yaitu Pemenang I, Pemenang II dan Pemenang III, dengan hadiah tertinggi Rp 20.000.000 dan terendah Rp 10.000.000. (red)

Related Posts:

0 Response to "DKJ Buka Sayembara Menulis, Hadiah Ratusan Juta Rupiah"

Posting Komentar