LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Pemerhati Tenun Ikat NTT Gelar Diskusi Pertama - LekoNTT

Pemerhati Tenun Ikat NTT Gelar Diskusi Pertama


Kupang. LekoNTT.com - Aliansi Pemerhati Tenun Ikat NTT menggelar diskusi pertama dalam menyikapi kasus klaim tenun Troso, Jepara atas motif tenun NTT. Diskusi tersebut digelar di Asrama Mahasiswa Pada Njara Hamu Sumba Timur, Jalan Bumi II Oesapa Selatan, pada hari Selasa (2/7/ 2019).
Admien Keba memegang poster himbauan di sela-sela diskusi (Selasa, 2/7/2019). Foto: Silviona Pada
Admien Keba Radapraing selaku penggagas diskusi mengatakan, pertemuan tersebut didasari atas rasa kepedulian dari masyarakat NTT sendiri. Mereka merasa, tenun NTT perlu mendapatkan identitas sendiri secara hukum, agar motif dan kain tenun NTT tidak lagi ditiru dan kehilangan jati dirinya.

"Kegiatan ini merupakan langkah untuk memberikan dorongan kepada pemerintah untuk mengurus hak paten yang bersifat berkelanjutan,” kata Admien.

Pertemuan yang berlangsung dari pukul 19.00-22.00 WITA ini, dihadiri oleh sejumlah organisasi mahasiswa, komunitas, serta Individu lain dengan kepedulian yang sama. Dari pertemuan ini dihasilkan beberapa kesepakatan. Sebagai tindaklanjutnya, akan diadakan diskusi lanjutan untuk memberi pengetahuan tentang  tenun ikat kepada masyarakat luas, baik dari segi historis maupun sosiologis.

"Akan ada diskusi tematik  dengan narasumber yang berkompeten untuk edukasi mengenai tenun ikat. Akan ada juga audiens dengan intansi terkait,” tegas Admien.

Penulis: Silviona Pada

Related Posts:

0 Response to "Pemerhati Tenun Ikat NTT Gelar Diskusi Pertama"

Posting Komentar