LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Ratusan Koperasi di NTT Dibubarkan, Sisilia Sona: Kualitas SDM Rendah! - LekoNTT

Ratusan Koperasi di NTT Dibubarkan, Sisilia Sona: Kualitas SDM Rendah!

Kupang, LekoNTT.com - Kepala Dinas Koperasi dan Nakertrans Provinsi NTT, Sisilia Sona mengatakan, rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi penyebab dibubarkannya ratusan koperasi di NTT. Hal itu dikatakan oleh Sisilia di sela-sela pembukaan Pelatihan Manajemen SDM Kegiatan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Berbasis Kompetensi bagi Pengelola Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Kupang, pada hari Senin (25/06/2019), di Hotel Neo Aston Kupang.
Sisilia Sona, Kadis Koperasi dan Nakertrans NTT. Foto: Victory News.
Di hadapan puluhan peserta kegiatan, Sisilia mengatakan, masyarakat NTT seharusnya berbangga, sebab NTT telah dinobatkan sebagai provinsi koperasi sejak tahun 2015. Namun, dari total 4.182 unit koperasi di NTT, ada 511 koperasi yang tidak aktif, dan ada juga 201 koperasi yang dibubarkan langsung oleh kementerian, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Selain itu, berdasarkan laporan tahun, total hanya 1.300 unit koperasi yang melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Ia mengatakan, ketidakatifan dan pembubaran koperasi ini terlebih disebabkan oleh lemahnya kualitas sumber daya manusia.

“Ini disebabkan oleh rendahnya kualitas SDM, baik itu pengurus manager dan pengawas yang telah dipercayakan, maupun anggota dari koperasi itu sendiri,” tegas Sisilia.

Sisilia berharap agar peserta pelatihan berlatih dengan sungguh-sungguh, sehingga koperasi di NTT benar-benar dikelola oleh sumber daya manusia yang berkualitas.

“Koperasi bertumbuh sesuai dengan pengelolaan, dan pengelolaan bertumbuh sesuai  dengan sumber daya manusia,” tegas Sisilia.


Penulis: Vivin da Silva/LekoNTT

Related Posts:

0 Response to "Ratusan Koperasi di NTT Dibubarkan, Sisilia Sona: Kualitas SDM Rendah! "

Posting Komentar