LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Zine, Penyedia Ruang bagi Pers Independen - LekoNTT

Zine, Penyedia Ruang bagi Pers Independen


Kupang, LekoNTT.comKomunitas Leko Kupang mengadakan pelatihan mobile journalism pada hari Sabtu (6/7/2019) bertempat di Aula F-square, Oebobo, Kota Kupang.  Pelatihan kali ini, Komunitas Leko memasukkan Zine sebagai salah satu materi pelatihan selain video dan foto jurnalistik.
Para peserta pelatihan mobile journalism berpose bersama usai membuat Zine (Foto: Leko NTT)

Materi tentang Zine dibawakan oleh Armando Soriano, seniman NTT yang bergiat di Komunitas Leko. Dalam paparan materi, ia mengatakan, Zine adalah salah satu media alternatif yang merupakan penyedia ruang bagi pers independen yang bisa berisi kritik, gagasan, imajinasi yang diinginkan dalam bentuk pendek seperti gambar dan tulisan. Zine tidak memiliki batasan dan menjadi ruang bagi orang yang ingin menyalurkan nilai baru yang tidak diterima umum.
Situasi pelatihan Zine, dipandu langsung oleh Armando Soriano (Foto: Leko NTT)
"Zine ini buatnya gampang,  orang bisa buat sendiri,  bisa difotokopi sendiri lalu dibagi-bagikan untuk menyalurkan ide,  kritik atau imajinasinya.  Kapan orang ingin buat dia bisa buat, tanpa ada batasan waktu," kata Mando.


Sebagai tindak lanjut, Mando memperkenalkan Uma, salah satu contoh Zine yang sering dibuatnya. Ia kemudian mengajak para peserta pelatihan untuk membuat Zine dan menentukan temanya sendiri. Para peserta pelatihan menggunakan alat yang sudah disiapkan panitia seperti kertas,  spidol,  gunting, benang, perekat (lem) dan beberpa alat lainya.
UMA edisi 5, oleh Armando Soriano

"Zine ini alatnya sederhana dan sampulnya bisa orang buat sendiri kemudian dibagi-bagikan,  seperti Uma. Ini Zine yang saya buat, menceritakan imajinasi saya sendiri dan biasanya saya bagikan saat kencan buku Komunitas Leko di Taman Nostalgia," kata Mando.


Penulis, Silviona Pada

Related Posts:

0 Response to "Zine, Penyedia Ruang bagi Pers Independen"

Posting Komentar