LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Tanabae Festival, Perayaan Kolaborator IKKON dan Pemkot Kupang - LekoNTT

Tanabae Festival, Perayaan Kolaborator IKKON dan Pemkot Kupang


Kupang, LekoNTT.com - Pemerintah Kota Kupang dan Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf) dalam program Inovatif dan Kreatif Kolaborasi Nusantara (IKKON) Kupang menggelar Festival Tanabae. Festival dimaksud berlangsung pada Kamis (17/10) di Subasuka Café and Restaurant, Kota Kupang.
Live mural oleh Timore Art Graffiti di Tanabae Festival

Beberapa kegiatan yang dilangsungkan dalam Tanabae Festival antara lain, talkshow dari beberapa pelaku kreatif, perbankan, pengusaha, akademisi dan Tim IKKON. Talkshow dibagi dalam dua sesi dengan masing-masing tema, ‘Membangun Sistem Ekonomi Kreatif Kota Kupang’ dan ‘Inovasi dan Proses Kreatif dalam Penciptaan Karya’.

Turut hadir dalam talkshow, Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore, Direktur Edukasi, Riset dan Ekonomi Kreatif, Popy Savitri, dan Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah Dalam Negeri, Hasan Ubud. Walikota Kupang dalam sambutannya mengapresiasi Bekraf yang telah mendukung Pemkot dalam pengembangan ekonomi masyarakat melalui Tim IKKON.


Lebih lanjut, Jefri mengatakan, Pemkot Kupang akan terus mendampingi kolaborator IKKON yang sudah ada. “Pemerintah Kota Kupang akan terus melakukan pendampingan dan bantuan kepada kelompok-kelompok kreatif.”

Tentang IKKON Kupang itu sendiri, Budi Suyanto, selaku mentor mengatakan, keberadaan Tim IKKON di Kupang dalam kolaborasi dengan beberapa kelompok bimbingan berlangsung selama kurang lebih empat bulan. “Tanabae Festival ini adalah penghujung dari proses panjang selama empat bulan sebagai bentuk akuntabilitas dan laporan kepada para stakeholder di Kupang.”
Salah satu stand kolaborator

Budi juga menyampaikan, program yang dijalankan merupakan ‘patungan’ antara Bekraf dan Pemkot Kupang. “Jadi memang kami di sini juga dibiayai dana dari warga Kota Kupang. Kami pertanggungjawabkan itu dalam bentuk festival bersama para kolaborator.”
Karya salah satu penutur visual dalam pameran fotografi Tanabae Festival

Ia juga berharap agar para kolaborator, seusai festival tetap produktif dalam berkarya. Tanabae sebagai brand collective tetap ditingkatkan oleh kolaborator agar tetap menghasilkan pruduk kreatif.

Perayaan Kolaborator
Persembahan tarian dari sanggar Ie Lowe Wini

Selain talkshow, dalam Tanabae Festival ada pameran fotografi dari beberapa penutur visual, live mural dari Timore Art Graffiti (TAG), stand up comedy, dance performance oleh Obby Tukan ft. Big Yozhy, Ie Lowe Wini dan Lopo Gaharu. Ada juga konser musik dari Hip Hop Kupang (H2K) dan Timor Reggae Family (TRF).

Perayaan yang diramu dalam pentas seni, dipandu oleh Marinuz Kevin berlangsung meriah. Para performer tampil memukau, menghibur para pengunjung. Live mural oleh TAG diiringi tari-tarian dari Lopo Gaharu dan Ie Lowe Wini menjadikan suasana tampak ‘mistis’. Musik dan lagu dari H2K dan TRF pun mengundang penonton turut bergoyang.

Oby Tukan, salah satu performer dan kolaborator yang mementaskan tarian Oefatu pun mengapresiasi adanya festival tersebut. Ia juga berharap, festival itu terus dilaksanakan dan kolaborasi ditingkatkan.

Baca juga: Tim IKKON dan Pemkot Kupang Gelar Tanabae Festival

“Bukan hanya festivalnya, tapi kerja kolaborasinya semoga tetap berlanjut. Jadi, pelaku ekonomi kreatif di Kupang bisa semakin maju dan makin banyak inovasi yang diciptakan,” ungkap penari yang juga anggota TAG ini.
Oby Tukan saat mementaskan tarian Oefatu

Harapan Oby sebagai salah satu seniman muda di NTT juga ditujukan kepada pemerintah. “Semoga pemerintah jangan terus-terus menutup mata, karena banyak pelaku ekonomi, dan juga para seniman di Kupang yang perlu diperhatikan. Jangan tunggu ada event, baru pemerintah kaget,” tandasnya.

Tentang tarian Oefatu yang dipentaskan, Oby menjelaskan kalau tarian itu merupakan paduan dari sifat air (oe) yang fleksibel dan batu (fatu) yang kaku. Demikian Oby dalam gerakan tubuh memadukan kedua sifat tersebut.

Tulisan dan dokumentasi: HET

Related Posts:

0 Response to "Tanabae Festival, Perayaan Kolaborator IKKON dan Pemkot Kupang"

Posting Komentar