LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
NTT Berduka, PMI asal TTS Kembali ke Kampung Tanpa Nyawa - LekoNTT

NTT Berduka, PMI asal TTS Kembali ke Kampung Tanpa Nyawa


Kupang, LekoNTT.com – Yosef Tefa, salah satu Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Timor Tengah Selatan, NTT meninggal dunia akbat dimangsa buaya pada 9 Maret 2019. Yosef adalah PMI non prosedural yang bekerja di perkebunan sawit, Serawak, Malaysia.

Peristiwa yang dialami Yosef, pria asal Desa Basmuti, Kecamatan Kuanfatu itu disampaikan oleh Siwa, Kepala Kantor Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kupang, sebagaimana dilansir Kompas.com pada Selasa (8/10/2019). Siwa menjelaskan, Yosef diduga dalam konsisi mabuk minuman keras hingga jatuh ke sungai, tempat adanya buaya.

Buaya yang memangsa Yosef pun mati setelah terkena jebakan. “Kemudian dibedah perut buaya dan ditemukan potongan tubuh manusia yang diduga Yosef Tefa,” kata Siwa.
Ilustrasi: shutterstock

BP3TKI Kupang kemudian menjemput ayah kandung Yosef untuk melakukan tes DNA, selanjutnya diserahkan kepada pihak Kementerian Luar Negeri RI. Sampel DNA tersebut kemudian diserahkan Kemenlu kepada pihak Kepolisian untuk diolah. “Hasilnya positif potongan tubuh itu Yosef Tefa,” ungkap Siwa dalam lansiran Kompas.com.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia, Kuching, melalui Surat Keterangan dengan Nomor: KCH/0100/K/SKK/2019 menerangkan, jenazah Yosef dipulangkan ke Indonesia pada tanggal 8 Oktober 2019. Pemulangan dilakukan melalui jalan darat dari Sarikei ke perbatasan Tebedu – Entikong.

Pada hari yang sama perjalanan dilanjutkan ke Pontianak menggunakan ambulans KB 1392 HV. Kemudian pada 9 Oktober 2019, perjalanan ke Surabaya dengan Lion Airlines JT837. Dari Surabaya pemulangan jenazah dilanjutkan ke Kupang dengan Lion Airlines JT696.

Di Kupang, dalam jadwal, jenazah Yosef akan tiba pada pukul 22.05 Wita. Konsulat dalam surat keterangan mengharapkan, proses pemulangan dapat diberi kemudahan dan dukungan dari berbagai pihak.

Peristiwa yang dialami Yosef Tefa telah menambah angka korban PMI asal NTT. Hingga saat ini, ada 90 jenazah PMI yang dipulangkan ke NTT dengan berbagai alasan, itu pun yang sempat didata. Peristiwa tersebut turut menambah duka bagi NTT. (HET)



Related Posts:

0 Response to "NTT Berduka, PMI asal TTS Kembali ke Kampung Tanpa Nyawa"

Posting Komentar