LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Jikom Undana Gandeng Komunitas Leko Gelar Workshop Literasi dan Jurnalisme Warga - LekoNTT

Jikom Undana Gandeng Komunitas Leko Gelar Workshop Literasi dan Jurnalisme Warga


Kupang, LekoNTT.comHimpunan Mahasiswa Prodi (HMPRO) Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana menggelar mini workshop bertajuk Literasi dan Jurnalisme Warga, di ruang A5 Perpustakaan Undana Kupang pada Senin (21/10). Mini workshop ini difasilitasi oleh Herman Efriyanto Tanouf, Koordinator Komunitas Leko Kupang rekaligus salah satu redaktur LekoNTT.com bersama Henny L. L Lada, dosen dan akademisi Prodi Ilmu Komunikasi Undana.

Dalam kegiatan ini, Herman atau yang akrab disapa HET, sharing banyak pengalaman menarik tentang Komunitas Leko yang giat menggelar Kencan Buku di Taman Nostalgia setiap weekend, sejak September 2017 dan kehadiran website LekoNTT.com. HET dalam sharingnya, bersama teman lainnya di Komunitas Leko menjadikan website yang disupport oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN), sebagai salah satu media jurnalisme warga alternatif untuk memproduksi dan menyebarluaskan konten-konten yang tentunya memiliki powerfull impact.


Sementara Henny Lada sharing tentang mobile photography sebagai salah satu produk jurnalisme warga di era serba modern, saat ini. Sebagai salah satu alumni Sekolah Musa angkatan VII, Henny memberikan banyak pengetahuan baru soal phonegraphy kepada para peserta.

Seusai sharing, peserta dibagi ke dalam dua kelompok kecil dan melakukan praktek reportase sederhana serta hunting foto di area perpustakaan. Hasil praktek peserta kemudian dipresentasikan di forum untuk kemudian dinilai dan dikomentari oleh para fasilitator sebagai bahan pembelajaran bersama.

Peserta workshop yang berjumlah 51 orang ini akan menjadi trainer bagi mahasiswa Jikom lainnya pada workshop-workshop lanjutan beberaa waktu mendatang. Dalam waktu dekat, hasil karya mereka, baik tulisan, foto maupun video akan dipamerkan di acara JikomFest.

Akhirnya atas nama HMPRO Jikom Undana, kami mengucapkan terimakasih berlimpah kepada semua pihak yang sudah terlibat dan mendukung workshop ini, teristimewa kedua fasilitator yang sudah meluangkan waktu dan tenaga untuk berbagi bersama kami. Kiranya moment ini bisa menjadi langkah awal untuk mempererat kerja sama antara pihak kampus dengan berbagai komunitas orang muda di Kota Kupang.

Berikut, dokumentasi mini workshop oleh panitia:








Penulis: Maria Goreti Ana Kaka, Ketua HMPRO Jikom Undana periode 2019-2020

Related Posts:

0 Response to "Jikom Undana Gandeng Komunitas Leko Gelar Workshop Literasi dan Jurnalisme Warga"

Posting Komentar