LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Peringati Hari Sumpah Pemuda, Lima Komunitas Kreatif Gelar Layar Merdeka - LekoNTT

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Lima Komunitas Kreatif Gelar Layar Merdeka


Insana, LekoNTT.com - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019, lima komunitas kreatif di Kota Kupang menggelar Layar Merdeka. Kelima komunitas tersebut antara lain, Komunitas Film Kupang (KFK), Sekolah Multimedia Untuk Semua (SkolMus), Timore Art Graffiti (TAG), Komunitas Leko dan Coloteme Art’s Movement, didukung oleh Pusat Pengembangan Film.
Kelas Videografi

Layar Merdeka digelar sejak tanggal 26 hingga 28 Oktober 2019 di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Malaka. Event ini diisi dengan berbagai jenis kegiatan seperti kelas fotografi oleh SkolMus, videografi oleh KFK, menggambar oleh TAG, dan kelas menulis oleh Komunitas Leko. Kelas-kelas tersebut dilangsungkan pada Sabtu dan Minggu (26-27/10), diikuti oleh siswi-siswa SMA Negeri 1 Insana, SMK Katolik St. Pius X Insana (TTU) dan SMK St. Wilibrodus Betun (Malaka).
Kelas Fotografi

Selain kelas kreatif, Layar Merdeka pun diisi dengan pameran karya para peserta, pentas seni dan pemutaran film yang akan dilangsungkan pada Senin (28/10) di Aula Paroki Sta. Maria Pengantara Segala Rahmat Kiupukan, Insana. Peserta dalam event ini melibatkan siswi-siswa SMA, Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Kiupukan, tokoh masyarakat, tokoh umat, dan seluruh masyarakat Insana.
Kelas Menggambar

Irwan Sebleku, pegiat film di KFK kepada LekoNTT.com mengatakan, adanya Layar Merdeka bertujuan untuk menumbuhkembangkan keterampilan kaum muda sejak dini. "Layar Merdeka ini kolaborasi dari empat komunitas di kota Kupang, ada KFK, TAG, Leko dan SkolMus. Dalam kegiatan ini kita mau beri ruang bagi orang muda untuk berekspresi melalui karya-karya kreatif."

Lebih lanjut Irwan menjelaskan, momen memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober dimanfaatkan oleh keempat komunitas tersebut untuk berbagi pengalaman. Remaja dan orang muda menjadi sasaran utama dalam kegiatan tersebut.


Kelas Menulis

Hal senada diungkapkan Kepala SkolMus, Armin Septiexan. "Layar Merdeka itu ruang kebebasan. Kita berbagi pengalaman, kita juga mau beri ruang bagi orang muda untuk bebas berkarya sesuai talenta masing-masing."

Ia juga berharap, pengetahuan dan pengalaman yang telah dibagi tidak sebatas situasional. Lebih dari itu dijadikan dasar bagi orang muda untuk terus berkarya.
(het)

Foto: Adi Otanu


Related Posts:

0 Response to "Peringati Hari Sumpah Pemuda, Lima Komunitas Kreatif Gelar Layar Merdeka"

Posting Komentar