LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Raksasa Media Nasional Ikut Sebar Berita Bohong - LekoNTT

Raksasa Media Nasional Ikut Sebar Berita Bohong

Kupang, LekoNTT.com – Nama besar sebuah media bukanlah jaminan dalam hal penyajian berita benar. Hal itulah yang terlintas dalam benak ketika melihat media siber raksasa seperti jawapos.com dan liputan6.com ikut menyebarkan berita bohong tanpa proses verifikasi. Pantauan dari LekoNTT.com, hingga Sabtu (8/6/2019), masih ada berita bohong di dua media tersebut. Berita bohong itupun terus dibagikan di media sosial seperti facebook dan twitter.

Tangkapan layar berita bohong yang disebarluaskan
oleh media siber JawaPos.com. Foto: LekoNTT.com
Berita bohong dimaksud adalah berita tentang perempuan bernama Alicia Franklin yang minum sperma setiap hari sehingga membuat IQ-nya meningkat. Berita tersebut diturunkan oleh liputan6.com pada tanggal 3 Mei 2017, dengan judul “Wanita Tercerdas di Dunia Mengaku Pintar karena Minum Sperma”(diakses pada tanggal 8 Juni 2019), dan oleh JawaPos.com pada tanggal 3 Mei 2017 dengan judul “Rutin Minum Sperma Setiap Hari Bikin IQ Mahasiswi Ini Naik Pesat” (diakses pada tanggal 8 Juni 2019). Tidak hanya di dua media itu, berita ini pun diturunkan oleh media siber lain seperti PortalMadura.com, Tribun-Medan.com, viva.co.id, dan radar-kalbar.com (diakses pada tanggal 8 Juni 2019).

Tangkapan layar berita bohong yang disebarluaskan oleh
media siber Liputan6.com. Foto: LekoNTT.com
Padahal, berita tersebut telah diklarifikasi di situs www.hoaxes.id pada tanggal 2 Mei 2019, atau satu hari sebelum JawaPos.com, Liputan6.com, dan media-media lain berlomba-lomba menurunkannya. Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa berita tentang perempuan bernama Alicia Franklin, mahasiswi University of California, Los Angeles (UCLA) yang menjadi cerdas sebab minum sperma tersebut, ternyata pertama kali dirilis pada November 2016 oleh situs World News Daily Report (WNDR).

Diketahui, situs World News Daily Report adalah situs yang memang dikhususkan untuk membuat berita tidak benar yang satir untuk mengolok-olok kecepatan informasi dan berita di era ini. Kebenarannya, mahasiswi bernama Alicia Franklin yang minum sperma itu tidak ada. Pun foto wanita yang dipakai sebagai “Alicia Franklin” merupakan tangkapan layar dari iklan permainan “Mensa Brain Training" yang yang diunggah diYoutube pada 4 Agustus 2015 (bisa anda lihat di tautan ini).

Sebab berita tersebut masih menjadi viral hingga tahun 2019 ini, pada tanggal 4 April 2019 yang lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia merasa perlu untuk melakukan klarifikasi melalui situsnya, dengan judul "[HOAKS] Rutin Minum Sperma, IQ Wanita Ini Meningkat Tajam!". Lalu mengapa berita tersebut masih bisa ditemukan di situs media siber raksasa seperti JawaPos.com, Liputan6.com dan lain-lain?

Remotivi, sebuah lembaga studi dan pemantauan media ketika dihubungi oleh LekoNTT.com melalui facebooknya mengatakan, seharusnya media siber yang telanjur menurunkan berita hoax, meminta maaf, meralat berita yang dimaksud, dan memberikan keterangan apa yang diralat dan tentang apa. Hal tersebut juga tertera dalam Pedoman Pemberitaan Media Siber yang ditandatangani oleh Dewan Pers di Jakarta pada tanggal 3 Februari 2012.

Penulis: Felix 

Related Posts:

0 Response to "Raksasa Media Nasional Ikut Sebar Berita Bohong"

Posting Komentar