LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Perpustakaan Desa Usapinonot-TTU Jadi Yang Terbaik di NTT - LekoNTT

Perpustakaan Desa Usapinonot-TTU Jadi Yang Terbaik di NTT

Usapinonot, LekoNTT- com - Perpustakaan Desa Usapinonot di Kecamatan Insana Barat Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menjadi pemenang dalam lomba perpustakaan desa di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Perlombaan itu diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi NTT.
Tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. TTU saat berkunjung ke perpustakaan Desa Usapinonot
(Foto: Istimewa)

Surat penetapan pemenang lomba tersebut diterima oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten TTU pada Kamis (13/6/2019), dan langsung diteruskan ke perangkat Desa Usapinonot.

Kepala Perpustakaan Desa Usapinonot, Paulus Sola, ketika dihubungi oleh LekoNTT.com, Rabu (19/06/2019) mengatakan, ia dan pengurus perpustakaan desa Usapinonot sama sekali tidak menyangka akan meraih juara pertama dalam lomba tersebut. Ini karena tidak ada persiapan khusus untuk menyambut tim penilai yang datang dari provinsi, seperti penambahan buku atau hal lain.

“Kita buat seperti biasa saja, tampilkan apa yang ada. Kita juga tidak berpikir untuk menang,” ungkap Paulus.
Meski demikian, sesuai penilaian dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTT, perpustakaan Desa Usapinonot dianggap layak menjadi juara. Perpustakaan ini menyisihkan berturut-turut perpustakaan Desa Waibleler di Kabupaten Sikka, perpustakaan Desa Sumlili di Kabupaten Kupang, perpustakaan Desa O’Obibi di Kabupaten TTS, perpustakaan Kelurahan Penkase Oeleta dan perpustakaan Kelurahan Namosain di Kota Kupang.

Banyak Peminat

Menurut Paulus, perpustakaan Desa Usapinonot telah berdiri sejak 30 Desember 2009. Di tahun 2009, perpustakaan itu pernah mengikuti lomba serupa dan meraih juara harapan 2. Sampai hari ini, ada kurang lebih 1.300 buku yang dikoleksi oleh perpustakaan Desa Usapinonot. Hampir semua kalangan masyarakat suka berkunjung ke perpustakaan desa tersebut.

“Anak-anak selalu meminjam buku yang bergambar. Ada juga mahasiswa STIPAS (Sekolah Tinggi Ilmu Pastoral, red) dan Unimor (Universitas Timor, red) yang pinjam buku kuliah. Buku yang paling banyak masyarakat pinjam adalah buku Teknologi Tepat Guna, seperti cara beternak atau bercocok tanam,” katanya.
Paulus Sola, Kepala Perpustakaan Desa Usapinonot (Foto: Istimewa)

Masih menurut Paulus, ada juga beberapa masyarakat dari desa tetangga, seperti Desa Subun dan Desa Oabikase yang datang dan meminjam buku. “Kehadiran perpustakaan di desa ini sangat membantu masyarakat. Masyarakat bisa membaca tentang Teknolog Tepat Guna dan lain-lain. Kami juga masih membutuhkan tambahan buku,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Usapinonot, Serilius Yan Maumabe mengatakan pihak Pemerintah Desa masih akan menambah  judul buku, di antaranya buku-buku Teknologi Tepat Guna yang banyak diminati, maupun buku yang berkaitan dengan Undang-Undang dan peraturan pemerintahan Desa.

“Kita ingin masyarakat kita banyak membaca. Lalu sadar akan hak dan kewajiban,” tutur Serilius. (red).

Related Posts:

0 Response to "Perpustakaan Desa Usapinonot-TTU Jadi Yang Terbaik di NTT"

Posting Komentar