LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Kades Usapinonot-TTU: Masyarakat Desa Perlu Baca Buku - LekoNTT

Kades Usapinonot-TTU: Masyarakat Desa Perlu Baca Buku

Usapinonot, LekoNTT.com - Kepala Desa Usapinonot di Kabupaten Timor Tengah Utara, Serilius Yan Maumabe mengatakan, masyarakat desa perlu untuk membaca buku dan membuka wawasannya. Lebih jauh lagi, ia juga selalu menghimbau agar masyarakatnya membaca buku-buku terkait aturan pemerintahan, seperti Undang-Undang Desa, Permendagri, maupun peraturan turunan lain dalam kaitan dengan penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
Serilius Yan Maumabe, Kepala Desa Usapinonot (Foto: akun FB Qyrby Serilius)

Serilius mengatakan hal itu kepada LekoNTT.com ketika ditemui pada Rabu (19/6/2019). Menurutnya, buku-buku yang berkaitan dengan Undang-Undang Desa dan peraturan turunannya, sangat penting untuk dibaca oleh masyarakat. Hal ini agar masyarakat paham tata aturan dan ikut melakukan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Kita mau masyarakat Desa juga baca peraturan, baca undang-undang, dan tahu tentang hak dan kewajibannya. Kalau mereka sudah tahu tentang peraturan kan, misalnya kita (pemerintah, red) salah, mereka bisa bilang, ah sonde boleh begitu. Jadi ada pengawasan juga dari masyarakat,” katanya.

Masih menurut Serilius, semua hal tentang penyelenggaraan pemerintahan sudah diatur dalam perundang-undangan. Jika masyarakat mau membaca, masyarakat juga bisa paham dan bisa memberikan masukan yang berguna dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Masyarakat juga perlu tahu forum-forum pertemuan di mana mereka sampaikan pendapat, atau kritik. Kita dikritik itu lebih bagus, sehingga kalau kami (pemerintah, red) melangkah salah, kritik-kritik itu yang betul, ya kami pasti akan perbaiki. Tapi kalau kritik yang di luar aturan, itu jangan,” katanya lebih lanjut.

Berkaitan dengan itu, Serilius selalu memberikan perhatian dan dukungan penuh untuk aktivitas kepustakaan dan literasi di Perpustakaan Desa Usapinonot. Ia selalu mendorong minat baca dan mengusahakan pengadaan buku sesuai dengan anggaran.

Baca Juga: Perpustakaan Desa Usapinonot-TTU Jadi Yang Terbaik di NTT

Seperti diberitakan sebelumnya, Perpustakaan Desa Usapinonot baru saja meraih penghargaan sebagai Perpustakaan Desa Terbaik di NTT periode tahun 2019. Perpustakaan ini menyisihkan berturut-turut perpustakaan Desa Waibleler di Kabupaten Sikka, perpustakaan Desa Sumlili di Kabupaten Kupang, perpustakaan Desa O’Obibi di Kabupaten TTS, perpustakaan Kelurahan Penkase Oeleta dan perpustakaan Kelurahan Namosain di Kota Kupang. (red).

Related Posts:

0 Response to "Kades Usapinonot-TTU: Masyarakat Desa Perlu Baca Buku"

Posting Komentar