LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Pemprov NTT Siap Mengutus 25 Orang Muda ke Griffith University Australia - LekoNTT

Pemprov NTT Siap Mengutus 25 Orang Muda ke Griffith University Australia


Kupang, LekoNTT.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) akan mengirim 25 orang muda untuk mengikuti pendidikan di Griffith University Queensland, Australia. Melalui program beasiswa pendidikan vokasi di bidang pariwisata, Pemprov NTT menginginkan adanya peningkatan sumber daya manusia.
Angkatan pertama, peserta program pendidikan vokasi pariwisata Griffith University Queensland, Australia
(Foto: LekoNTT.com/ HET)

Sebelumnya 25 orang muda yang terpilih telah mengikuti proses seleksi. Total pelamar pada tahap I dan II kurang lebih 280-an orang dari berbagai daerah di NTT. Para pelamar diseleksi secara administratif maupun wawancara.

Dalam proses seleksi, Pemrov NTT melalui Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi melibatkan tim akselerasi dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang. Program beasiswa tersebut merupakan kerja sama Pemprov NTT, Undana dan Griffith University.

Sebelum mengikuti pendidikan di Griffith University, para peserta yang lolos seleksi akan menjalani kursus Bahasa Inggris di Undana selama satu bulan. Mereka adalah angkatan pertama yang akan diutus ke Australia.
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wagub NTT, Josef Nae Soi didampingi beberapa pimpinan saat menghadiri acara peluncuran Sophia dan penyerahan peserta pendidikan vokasi pariwisata (Foto: LekoNTT.com/ HET)

Para peserta ‘diserahkan’ ke pihak Undana bertepatan dengan momen peluncuran Sophia (sopi asli NTT) pada Senin (19/6/2019) di UPT Laboratorium Riset Terpadu Biosain, Undana. Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, Rektor Undana, Fredrik L. Benu, Komandan Lantamal VII Kupang, Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Komandan Lanud El Tari Kupang, Kolonel Agus Setiawan, perwakilan Polda NTT dan pejabat lainnya.

Rektor Undana dalam sambutannya mengungkapkan situasi tersebut sebagai momentum bersejarah. Selain meluncurkan dan memperkenalkan minuman tradisional (Sophia), para peserta akan diutus ke Griffith University dalam upaya meningkatkan dan mendukung program Pemrov NTT di bidang pariwisata.
Rektor Undana Kupang, Fredrik L. Benu saat memberikan sambutan (Foto: LekoNTT.com/ HET)

“Kami (Undana) bekerja sama dengan Griffith University, menyeleksi beberapa orang muda untuk diutus dan belajar di sana. Mereka akan mendalami Bahasa Inggris lalu dikembalikan ke Pemprov NTT untuk kemudian diutus,” ungkap Rektor.

Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi dalam sambutannya pun mengharapkan para peserta mampu merespon dan menghapus segala stigma buruk tentang NTT. “Nusa Tenggara Timur selalu dikatakan termiskin, terburuk, lebih sadis dikatakan terpuruk. Kita harus bekerja keras, salah satunya adalah mengirim anak-anak kita ke luar (Australia). Begitu pulang mereka akan lebih mengimplementasikan predikat yang diberikan kepada kita, dari terburuk jadi yang terpintar,” ungkapnya.
Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi saat memberikan sambutan (Foto: LekoNTT.com/ HET)

Mewakili para peserta memberikan sambutan, Gabriela Angelica Yepormate mengungkapkan kebahagiaan sekaligus apresiasi bagi Pemprov NTT dan Undana yang telah memberikan kesempatan bagi orang muda. Menurutnya peluang dan kesempatan yang diberi adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap pariwisata di NTT.

“Mereka (pemerintah) mau berusaha untuk menyejahterakan masyarakatnya dengan memberdayakan anak-anak muda terlebih dahulu. Kita juga setelah pulang dari Australia bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di sana,” ungkap Angel.
Gabriela Angelica Yepormate (barisan depan, ke-3 dari kiri)
(Foto: LekoNTT.com/ HET)

Ia juga mengharapkan kepada orang-orang muda NTT yang belum berkesempatan agar bisa memanfaatkan peluang-peluang yang ada sebagai bentuk motivasi. Orang muda hendaknya tidak menjadikan fasilitas dan akomodasi yang disediakan pemerintah untuk berfoya-foya, tetapi belajar untuk terus mengembangkan pariwisata di NTT.

Penulis: Herman Ef Tanouf

Related Posts:

0 Response to "Pemprov NTT Siap Mengutus 25 Orang Muda ke Griffith University Australia"

Posting Komentar