LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Surat Tanah untuk Masyarakat Desa Momol, Manggarai Barat - LekoNTT

Surat Tanah untuk Masyarakat Desa Momol, Manggarai Barat

Mendapatkan kepastian kepemilikan hak atas tanah merupakan kerinduan semua masyarakat. Untuk mendapat kepastian hak atas tanah, masyarakat bisa mengajukan permohonan sendiri di Kantor Pertanahan di kabupaten/kota masing-masing daerah. 

Namun ada juga ada beberapa program strategis dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau yang biasa disebut Kementerian ATR/BPN melalui Kantor Pertanahan setiap Kabupaten/Kota dalam rangka memberikan kepastian hukum atas kepemilikan tanah yang di miliki masyarakat. Contoh program strategis tersebut antara lain: kegiatan PTSL (Pengukuran Tanah Sistematis Lengkap) dan Redistribusi Tanah Obyek Landreform atau yang biasa disebut Redis TOL.
 
Pengukuran tanah di salah satu lahan milik warga Desa Momol Manggarai Barat. Foto: Edward Boelan.
Tahun ini salah satu program strategis yang dilaksanakan oleh Badan Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat sebagai wujud pelayanan publik yang nyata di tengah-tengah masyarakat adalah kegiatan Redis TOL di salah satu desa ada di Kabupaten Manggarai Barat yaitu Desa Momol, Kecamatan Ndoso.

Kegiatan ini mempunyai tujuan agar semua petani/pekebun yang berdomisili dan memiliki lahan pertanian/perkebunan yang terletak di Desa Momol mendapatkan kepastian hak atas tanah yang mereka kerjakan atau garap selama ini. Program ini tidak dipungut biaya sedikitpun oleh pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat.

Tim pengukur tanah dari Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Manggarai Barat saat berada di lapangan. Foto: Edward Boelan.
Meski begitu, masyarakat Desa Momol berkewajiban melengkapi setiap berkas yang dibutuhkan, seperti fotokopi ktp pemilik lahan, fotokopi kartu keluarga dan materai 6000, hingga pilar tanda batas yang ditanam di tiap sudut batas bidang masing-masing, atas kesepakatan bersama dengan pemilik lahan yang berbatasan langsung.

Foto dan cerita: Edward Boelan.

Related Posts:

0 Response to "Surat Tanah untuk Masyarakat Desa Momol, Manggarai Barat"

Posting Komentar