LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
DiREKTOR WALHI NTT Keluarkan Surat Edaran - LekoNTT

DiREKTOR WALHI NTT Keluarkan Surat Edaran


Kupang, LekoNTT.com - Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) NTT, Umbu Wulang Tanaamahu Paranggi, mengeluarkan surat edaran kepada Lembaga Anggota dan Relawan WALHI NTT untuk turut berpartisipasi pada aksi demonstrasi yang akan dilakukan pada Jumat 27 September 2019 di Kantor DPRD NTT. Terkait surat edaran tersebut, Umbu Wulang dalam keterangannya mengatakan, hal itu untuk merespon upaya pelemahan KPK yang dilakukan oleh lembaga DPR.

"Selama ini KPK cukup serus mengurusi korupsi sumber daya alam. Apabila penyadapan harus meminta izin kepada pengawas maka jelas akan sulit menangkap peluku suap-menyuap dalam semua proses izin pengelohan sumber daya alam," ungkap Umbu Wulang dalam keterangan yang diterima LekoNTT.com, Jumat (27/9).
Umbu Wulang Tanaamahu Paranggi, Direktur WALHI NTT. (Foto: Ist.)

Lebih lanjut ia mengatakan, RUU Pertanahan, RUU Minerba dan RUU SDA dan banyak pasal yang justru berpotensi memenjarakan masyarakat dan sebaliknya melindungi investasi kotor. "Dalam RUU Pertanahan, kita dapat merasakan spirit yang seirima dengan kultur korporasi yang selama ini dipelihara. Sebab tanah hanya menjadi urusan administrasi dan duit semata tetapi melupakan urusan tanah sebagai fungsi sosial ekologi".

Menurut pengakuannya, selama sudah banyak aktivis lingkungan yang dipenjara karena melawan ketidakadilan yang dilakukan oleh koorporasi bahkan dikawal oleh pemerintah. "Masyarakat patut mencurigai, mengapa terjadi demikian. Apakah ada suap-menyuap dalam proses itu?"

Ketika ditanyai mengenai sasaran dari surat edaran yang dikeluarkan pada Kamis (26/9), Umbu Wulang mengatakan kalau surat itu sebagai bagian dari kerja kerja keselamatan lingkungan. Oleh sebab itu, dalam surat edaran dimaksud dikhususkan kepada Komunitas Dampingan, Mitra Belajar, Civitas Akademik WALHI Institute NTT, dan Komunitas Sahabat Alam.

Umbu dalam suratnya mengimbau agar semua komponen atau komunitas dampingan turut terlibat dalam aksi damai yang akan dilangsungkan hari ini. WALHI NTT mendukung sekaligus bertanggujawab atas keterlibatan para anggota.

"Saya minta semua lembaga, anggota dan relawan WALHI untuk turun bersama, ikut aksi. Sudah cukup lama kita ditindas dan inilah kemewahan kita yaitu lawan!" (red)

Related Posts:

0 Response to "DiREKTOR WALHI NTT Keluarkan Surat Edaran"

Posting Komentar