LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Mesin Tik di Bawah Lampu Sehen - LekoNTT

Mesin Tik di Bawah Lampu Sehen



Pada akhir Agustus 2019, media-media nasional heboh memberitakan mengenai pemadaman listrik oleh PLN selama beberapa hari di Jakarta, Banten, dan separuh Pulau Jawa. Pemadaman listrik ini menjadi isu nasional yang heboh dan mendapat perhatian dari semua pihak. Liputan 6 sendiri bahkan menyebut peristiwa ini sebagai petaka (Petaka Mati Lampu di Jakarta dan Separuh Jawa). Kehebohan ini menutupi fakta bahwa bahkan hingga tahun 2019 ini, masih banyak daerah di Indonesia yang belum mendapatkan aliran listrik.

Aparat Desa Fatutasu mengetik surat keterangan dengan menggunakan mesin tik, di bawah lampu sehen. Foto: Ifana Tungga.

Salah satu daerah yang belum mendapat aliran listrik dari PLN adalah daerah Oelatimo, Desa Fatutasu, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten TTU.

Dalam foto ini terlihat seorang aparat desa Fatutasu sedang mengetik surat keterangan untuk warga menggunakan mesin ketik, dengan bantuan pencahayaan dari lampu sehen. Karena sehen adalah akronim dari "Super Ekstra Hemat Energi", pencahayaannya juga tidak begitu terang.

Di malam hari, warga Oelatimo menggunakan lampu sehen sebagai penerang. Ada juga rumah yang menggunakan pelita. Ada beberapa rumah yang memiliki genset. Biasanya di malam hari mereka menyalakan genset dan orang-orang pergi untuk menonton televisi dan mengisi daya pada telepon genggam mereka.

Akses jalan dan letak perkampungan yang cukup jauh dari jalan umum. Tetapi sesungguhnya itu tidak dapat menjadi alasan tidak masuknya listrik. Warga terus bersuara mengenai hal ini dalam setiap rapat desa namun belum ada solusi yang diberikan terkait kebutuhan listrik masyarakat.

Foto dan cerita: Ifana Tungga (pemenang lomba foto jurnalistik Kencan Buku Fes II).

Related Posts:

0 Response to "Mesin Tik di Bawah Lampu Sehen"

Posting Komentar