LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Flobamora Film Festival Siap Tayangkan Puluhan Film Fiksi dan Dokumenter dari Seluruh Indonesia - Leko NTT

Flobamora Film Festival Siap Tayangkan Puluhan Film Fiksi dan Dokumenter dari Seluruh Indonesia


Bioskop Pasiar, salah satu program Flobamora Film Festival. (Foto: Dok. KFK).

LEKO NTT – Puluhan film siap ditayangkan dalam ajang Flobamora Film Festival yang diinisiasi oleh Komunitas Film Kupang (KFK). Festival film ini akan segera dibuka bagi masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Festival film berskala nasional ini merupakan yang pertama di NTT. Sedianya akan dilaksanakan pada 27 hingga 29 Oktober 2022 mendatang bertempat di Museum Daerah NTT, Kota Kupang.

Yedida Letedara, Festival Director Flobamora Film Festival kepada Leko NTT mengatakan, bagi masyarakat NTT, festival ini merupakan kali pertama dan menjadi suatu momentum besar bagi perfilman di NTT.

Oleh sebab itu, ia berharap agar masyarakat NTT yang dapat terlibat dalam festival ini dengan menghadiri Flobamora Film Festival pada akhir Oktober nanti.

“Kami ajak kita semua untuk bersama rasakan suguhan program-program menonton yang siap ditayangkan,” kata Yedida pada Jumat (15/10/2022)

Ia pun menyebut beberapa rangkaian acara dalam festival yang digelar KFK itu, antara lain, Layar Kompetisi Film Flobamora, dan Non-Kompetisi dengan beberapa sub program.

Sub program dimaksud yaitu Layar Nusantara, Sinema Harmoni, dan Layar Pelajar yang berisi film-film pendek hasil produksi para peserta di Workshop Film Pelajar (WFP) yang telah dilaksanakan pada 26 hingga 29 September 2022 lalu dengan melibatkan empat SMA di Kota Kupang.

Selain itu, kata Yedida, “akan ada juga Forum Komunitas yang merupakan forum pertemuan para sineas muda di NTT untuk berdiskusi membangun jejaring mengenai dunia perfilman. khususnya di NTT.”

Komite Komunitas Film Kupang, Irwan Sebleku mengatakan, “puluhan film fiksi pendek dan dokumenter pendek dari berbagai daerah di Indonesia siap menampilkan berbagai perspektif yang lahir dari keresahan.”

Tak hanya itu, tapi “juga kebahagiaan para filmmaker melalui penayangan dalam Flobamora Film Festival. Puluhan film pendek ini berasal dari individu, komunitas, dan festival-festival film yang tersebar di Indonesia.”

Irwan menyebut, ada beberapa kota dan kabupaten di antaranya, Jakarta, Yogyakarta, Aceh, Surakarta, Jawa Tengah, Palu, Kupang, Lembata, Maumere, dan Kefa. Ada juga Madani International Film Festival, dan Minikino Film Week Bali International Short Film Festival.

Ajang Flobamora Film Festival, sebuah momentum untuk merayakan film-film yang ada di Nusa Tenggara Timur. Dihadirkannya Program Kompetisi merupakan produk utama dalam festival ini.

Irwan menjelasakn, film-film pendek yang didaftarkan dengan kategori dokumenter dan fiksi dalam program kompetisi ini datang dari berbagai daerah di NTT.

Dalam prosesnya, film-film yang berkompetisi kemudian akan dinilai oleh tiga juri yang disiapkan oleh Flobamora Film Festival. Ketiga juri tersebut yaitu Fanny Chotimah, Yusuf Radjamuda, dan Manuel Alberto Maia.

Ketiga juri tersebut merupakan filmmaker yang berpengalaman dalam ekosistem film di Indonesia dan juga telah menerima banyak penghargaan di berbagai festival dengan film yang telah mereka hasilkan.

“Komunitas Film Kupang dengan ini mengajak masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk hadir bereuforia bersama dalam Flobamora Film Festival. Bersama mengapresiasi antusias para filmmaker yang turut andil mengirimkan karya terbaiknya untuk bisa disaksikan bersama.”

Pada hari terakhir, 29 Oktober 2022, perhelatan Flobamora Film Festival akan dilaksanakan juga Awarding Night bagi film-film Flobamora yang berkompetisi dalam Flobamora Film Festival.

“Nikmati sensasi maraton film diselingi aktivitas santai berdiskusi dan berbagai rangkaian menarik di dalamnya. Bahwasannya ini lahir dari keresahan, sudah semestinya ini diwujudkan.”

Flobamora Film Festival, jadi yang pertama untuk merayakan rasa yang selama ini terpaut dalam benak masyarakat Nusa Tenggara Timur. “Festival ini sudah di depan mata, Komunitas Film Kupang siap kibarkan layar untuk masyarakat NTT.”

“Ambil bagianmu berdinamika bersama di F3 dengan memantau informasi terkait hanya di Instagram @komunitasfilmkupang dan @flobamorafilmfestival,” tutup Irwan Sebleku. (LP/Leko NTT).

Related Posts:

0 Response to "Flobamora Film Festival Siap Tayangkan Puluhan Film Fiksi dan Dokumenter dari Seluruh Indonesia"

Posting Komentar