LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Provinsi NTT Gelar Lomba Tik Tok ‘Remaja Lawan COVID-19’ - Leko NTT

Provinsi NTT Gelar Lomba Tik Tok ‘Remaja Lawan COVID-19’

Kupang, LekoNTT.com - Forum Academia NTT (FAN), Wahana Visi Indonesia (WVI) yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT menggelar lomba Tik Tok Remaja Lawan COVID-19. Lomba ini digelar untuk mengajak para remaja agar terlibat dalam kampanye melawan COVID-19 dan sebagai pionir kampanye publik gerakan solidaritas lawan COVID-19. Lomba ini dibuka sejak tanggal 15 Februari 2021, dan akan ditutup pada 23 Februari 2021. Lomba ini mendapat dukungan penuh dari World Health Organization (WHO).

Lomba video Tik Tok ini dijabar dalam tiga tema pilihan: (1) Vaksinasi COVID-19, (2) Pencegahan COVID-19, dan (3) Apresiasi untuk Para Tenaga Kesehatan. Selama lomba akun Instagram tidak boleh dikunci atau di-privasi. 

Syarat peserta lomba antara lain: (1) peserta berusia 12-24 tahun, (2) domisili atau berasal dari NTT, (3) peserta meng-unggah (up load) video di IG (Instagram) Feed dan men-tag akun @forumacademiantt dan @wahanavisiindonesia dengan menggunakan hastag #TikTokChallenge #RemajaLawanCovid19

Memberi Ruang untuk Remaja

"Kita perlu memberi ruang yang tepat bagi anak-anak untuk turut berpartisipasi dalam 'perang' melawan Covid 19. Lewat kesempatan ini anak-anak bisa berpartisipasi melakukan sosialisasi tentang pencegahan, vaksin dan dukungan bagi tenaga kesehatan sesuai cara, gaya dan bahasa anak," ujar Eben Ezer Sembiring, General Manager Zone NTT Wahana Visi Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi M. Ed menyatakan bahwa Tik Tok sebagai media yang sangat diminati oleh para remaja dari berbagai kalangan. "Dengan lomba ini diharapkan ada gerakan penyadaran kolektif, sekaligus mode aktual membawa pesan-pesan yang sifatnya mendidik, memberikan penguatan buat tenaga kesehatan," kata Linus Lusi.

Dengan pilihan lomba ini menurutnya kaum remaja dan para siswa hendak mengatakan bahwa mereka berdiri siaga di belakang para tenaga kesehatan dalam membantu penanganan COVID-19. Ia melanjutkan, “ciri khas para pelajar di NTT adalah pantang menyerah, penuh dedikasi, disipilin ketat menerapkan protokol kesehatan.”

“Dalam kesempatan ini saya juga ingin menitipkan pesan bahwa kami berbangga terhadap kerja dari Ibu Fima Inabuy di Laboratorium  BioKesmas Provinsi NTT dan kawan-kawan laboran lainnya, kami ingin menyatakan bahwa para pelajar ada bersama anda semua,” kata Linus sebelum mengakhiri perbincangan.

Salah seorang moderator Forum Academia NTT Dominggus Elcid Li, PhD menyatakan bahwa kampanye perang melawan COVID-19 perlu menjadi gerakan masif dan digelar oleh berbagai kalangan umur. "Para remaja jelas terkena dampak dan harus bersekolah dari rumah selama COVID-19, untuk itu kita perlu menemukan berbagai kanal untuk melibatkan mereka dalam perang melawan COVID-19," kata Elcid.

Ia juga berharap semoga dengan cara ini kejenuhan selama pandemi, dapat diatasi dengan berbagai aksi kreatif dari anak-anak muda. Dengan Tik Tok para remaja bisa bekreasi, dan menguji pengetahuan mereka soal COVID-19 dengan cara yang meriah.

Yadi Diaz salah seorang musisi NTT yang berdomisili di Bali juga antusias untuk menyebarkan berita ini. “Wakil remaja diaspora NTT di Bali akan ikut juga dan kami akan berikan kejutan,” kata Yadi via telepon. Lomba ini juga membuka peluang warga NTT yang berdomisili di provinsi maupun negara lain untuk terlibat.

“Kami sangat antusias dan akan ikut serta dengan tim, dan saat ini kami sudah berlatih keras, dengan harapan bisa menang,” kata Angela Poe yang biasa dipanggil Anche (24), tenaga kesehatan asal Ende. Sedangkan Yuli (20), mahasiswi Politani Kupang juga tertantang untuk terlibat. “Saya akan ajak teman-teman, semakin ramai semakin menarik pastinya,” kata Yuli.


Lomba ini membuka pilihan mode penampilan baik individual atau kelompok dan tidak dibatasi jumlah karya yang dikirimkan baik secara individual atau kelompok. Akan ada hadiah menarik. Untuk informasi tambahan/ informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia lomba di nomor 087880246011 (WA). Lomba akan ditutup pada tanggal 23 Februari 2021. (DNT)

Related Posts:

1 Response to "Provinsi NTT Gelar Lomba Tik Tok ‘Remaja Lawan COVID-19’"

  1. Videoslots.com - YouTube | VICTORIA | vICTORIA | YouTube
    VICTORIA. VICTORIA - Watch videoslots.com online for free or for real money! Find the most popular VICTORIA videos youtube downloader here on VICTORIA.

    BalasHapus