LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Dapur Sunyi di Kala Guyuran Badai Jakarta - Leko NTT

Dapur Sunyi di Kala Guyuran Badai Jakarta

 

Aksi masa Rabuan Pekerja Rumah Tangga 22 Februari 2023. AM. Sumber Foto: JALA PRT

Lekontt.com-Jakarta- Aksi Rabuan Pekerja Rumah Tangga, merupakan aksi masa yang dilakukan para Pekerja Rumah Tangga (PRT) setiap hari Rabu di depan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Senayan, Jakarta. Aksi masa kembali digelar pada Rabu, 22 Februari 2023. Pada aksi kali ini temanya “Dapur yang Sunyi.”

Para Pekerja Rumah Tangga di tengah hujan deras Jakarta membawa dan memasang panci, wajan dan alat memasak lainnya di pagar depan Gedung Wakil Rakyat Republik Indonesia.

Pemasangan alat masak ini mengandung dua arti. Pertama, selama ini Pekerja Rumah Tangga bekerja secara sunyi di dapur-dapur para pemberi kerja, kerja-kerja domestik menyiapkan makanan yang selama sering diabaikan sebagai kerja. Padahal menyiapkan makanan merupakan kerja penting yang dilakukan untuk manusia. 

Kedua, aksi memasang alat masak ini untuk memberitahukan pada Dewan Perwakilan Rakyat terutama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Puan Maharani untuk melihat apa yang dikerjakan para Pekerja Rumah Tangga. Pekerja Rumah Tangga telah bekerja keras menyiapkan makanan di dapur-dapur , membersihkan rumah, mencuci pakaian, dan melayani majikan di antaranya para anggota Dewan Perwakilan Rakyat sebelum mereka berangkat kerja.

Para Pekerja Rumah Tangga yang datang ke aksi ini datang dari Jabodetabek dan Karawang. Mereka datang ke kantor Wakil Rakyat setiap hari Rabu untuk meminta Dewan Perwakilan Rakyat memperhatikan nasib-nasib perempuan wong cilik yang bekerja dalam dapur sunyi.

Kini, Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga sudah disetujui di Badan Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat sejak Dua setengah tahun lalu. Namun, sampai sekarang belum dibawa ke rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat.

Koordinator JALA PRT, Lita Anggraini mengatakan aksi dapur yang sunyi, semoga menjadi pengingat bahwa Dewan Perwakilan Rakyat masih punya pekerjaan rumah untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT).

“Para Pekerja Rumah Tangga adalah perempuan-perempuan wong cilik yang berasal dari Jabodetabek dan Karawang yang datang ke Dewan Perwakilan Rakyat setiap hari Rabu. Meski, panas dan hujan tidak menjadi halangan untuk menemui wakil rakyat. Kami akan terus menampakkan wajah-wajah kemiskinan kami pada Wakil Rakyat setiap hari Rabu.”

Aksi dapur yang sunyi para Pekerja Rumah Tangga menuntut Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia terutama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Puan Maharani untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga. 

Kami TIDAK AKAN DIAM membiarkan Dewan Perwakilan Rakyat terus mendiskriminasi, membiarkan kekerasan dan perbudakan terjadi pada Pekerja Rumah Tangga di tanah air sendiri.(Lekontt.com/AM)

Related Posts:

0 Response to "Dapur Sunyi di Kala Guyuran Badai Jakarta"

Posting Komentar