LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
SkolMus Kembali Hadirkan Pameran Arsip Publik Merekam Kota 2022 - Leko NTT

SkolMus Kembali Hadirkan Pameran Arsip Publik Merekam Kota 2022


Pameran Arsip Publik Merekam Kota 2020. (Foto: SkolMus)

Kupang, LekoNTT.com – Sekolah Musa (SkolMus) berencana kembali menggelar Pameran Arsip Publik Merekam Kota di Kota Lama, Kota Kupang pada bulan Oktober mendatang. Sebelumnya, pada tahun 2020 lalu Program Pengarsipan Publik Merekam Kota: Memori, Ruang, Imajinasi mengumpulkan 1.500 arsip.

Dari total arsip tersebut, sebanyak 150 arsip dipilih dan dipamerkan di Pabrik Es Minerva dalam Pameran Arsip Publik Merekam Kota pada 17-31 Oktober 2020. Pameran ini dikunjungi oleh lebih dari 1.200 pengunjung.

Merlinda Santina Ximenes, salah satu Staf Program Merekam Kota kepada Leko NTT mengatakan, program pengarsipan dua-tahunan ini kembali hadir dengan tema Ruang Berkumpul. Merekam Kota 2022 akan mendokumentasikan perubahan sosial pada berbagai ruang dan dari berbagai posisi pandang serta rasa para pengguna ruang kota.

Kali ini, Merekam Kota akan mengeksplorasi rupa-rupa Ruang Berkumpul dan metamorfosisnya dengan meletakkan simpul utama di Kota Lama, Kupang. Berbagai realitas hari ini dan memori-memori masa silam tentang me-ruang dan me-ngumpul menjadi bingkai Program Pengarsipan Publik Merekam Kota 2022,” katanya.

Di lain pihak, Ifana Tungga, Manager Program Merekam Kota 2022 melalui keterangan tertulis mengatakan, program tersebut dilaksanakan dengan mengumpulkan berbagai arsip dari keluarga-keluarga. Arsip dimaksud seperti foto, video, audio, dokumen maupun sejarah lisan yang berkaitan dengan sejarah Kota Kupang dan disajikan kepada publik dalam bentuk pameran arsip.

Sejak awal, Merekam Kota berjalan dengan spirit partisipasi publik. Mulai dari proses pengarsipan, pencarian informasi, persiapan pameran, hingga saat pameran berlangsung, publik memiliki peran yang penting untuk melakukan gerakan bersama Merekam Kota,” katanya.

Melalui Merekam Kota 2022, ia pun mengajak publik untuk berpartisipasi memberikan donasi lewat laman kitabisa.com/ruangberbagimk22. Donasi yang diberikan akan dimanfaatkan untuk memperlancar berbagai proses persiapan hingga pelaksanaan pameran. Dukungan yang diberikan sangat penting agar Merekam Kota dapat terus membagikan cerita penjelajahan ruang dan waktu tentang Kupang.

Informasi selengkapnya terkait Merekam Kota dan donasi dapat dilihat lewat website merekamkota.org, dan juga dari akun Instagram @memoriruangimajinasi. (red)

Baca juga artikel lain tentang Merekam Kota DI SINI

Related Posts:

0 Response to "SkolMus Kembali Hadirkan Pameran Arsip Publik Merekam Kota 2022"

Posting Komentar