LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Siapkan Kader Handal, KEMMAS Gelar Pelantikan BP dan MPAB - Leko NTT

Siapkan Kader Handal, KEMMAS Gelar Pelantikan BP dan MPAB

Kupang, LekoNTT.com - Demi menjaga eksistensi organisasi kedaerahan, Kelompok Mahasiswa Maumere Sa'ate (KEMMAS) Kupang kembali  menyelenggarakan kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) Periode 2020/2021. Kegiatan yang diikuti anggota baru sebayak 37 orang ini berlangsung di Aula Homestay Tunas Muda Junior, Penfui, Kota Kupang.

MPAB dilaksanakan selama dua hari, dimulai pada Sabtu (21/11) hingga Minggu (22/11). KEMMAS sendiri merupakan organisasi kedaerahan dari Kabupaten Sikka yang menghimpun lima kecamatan yakni: Paga, Mego, Tanawawo, Megepanda dan Palue.

Anggota organisasi yang bergabung adalah mahasiswa yang berasal dari lima kecamatan tersebut. Selain itu, ada juga simpatisan dari kecamatan ataupun kabupaten lain yang saat ini sedang menempuh pendidikan tinggi di Kota Kupang.

Ketua Panitia MPAB, Sebastianus Nggino dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan proses pengkaderan yang siap melahirkan kader handal serta sebagai wujud persiapan dalam menyikapi perubahan zaman. "Pembekalan kader bukan sekedar halusinasi belaka melainkan implikasi kesadaran personalia secara ekstrinsik dan  intrinsik," ungkapnya.

Ia juga menandaskan, tujuan dari MPAB ini untuk menghimpun semua mahasiswa dari Kecamatan Paga, Mego, Tanawawo, Magepanda dan Palue di Kupang menjadi anggota KEMMAS. Sementara itu, Ketua Umum KEMMAS Kupang Periode 2020/2021 Yohanes Bolo mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerja panitia pelaksana yang mampu mengorganisir peserta kegiatan hingga 37 orang.

Yohanes mengaku bangga karena kegiatan tersebut tidak hanya diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari ke-5 kecamatan tersebut, namun ada juga berasal dari kecamatan lain di kabupaten Sikka bahkan dari  kabupaten lainnya. "Di era milenial ini, kita diperhadapkan dengan berbagai tantangan dan dinamika sosial, politik hingga isu sara di kalangan masyarakat,” ungkap Yohanes dalam pidato pembukaan kegiatan MPAB.

Berhadapan dengan persoalan-persoalan ini, sebagai agent of change bangsa dan tanah air, ia mengajak anggotanya untuk turut prihatin serta mengawal segala fenomena persoalan di masyarakat baik yang mencakup isu  dalam  skala nasional, daerah hingga kabupaten sikka secara khususnya. “Kehadiran mahasiswa dan upaya pengawalan kinerja elit-elit  penguasa di tengah masyarkat itu sangat penting, karena selama ini masyarakat hanya dijadikan kambing hitam di berbagai hajatan demokrasi negeri ini."

Ia pun berharap, dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan, mahasiswa harus memprioritaskan kepentingan umum, bukan pribadi atau golongan tertentu. “KEMMAS tentunya, pada momentum MPAB ini terus menggelorakan semangat  Sa'ate (Satu hati) dengan spirit bhoka ngere hi, bere ngere ae, sebagai warisan nilai-nilai kekeluargaan,” tutup aktivis GMNI Cabang Kupang itu. (ESR)

Related Posts:

0 Response to "Siapkan Kader Handal, KEMMAS Gelar Pelantikan BP dan MPAB"

Posting Komentar