LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian | Baca Buku Apa Hari ini? | Cegah Covid-19, Patuhi Protokol Kesehatan
KFK Tuan Rumah Jogja-NETPAC Asian Film Festival di Kota Kupang - Leko NTT

KFK Tuan Rumah Jogja-NETPAC Asian Film Festival di Kota Kupang

 

Kupang, LekoNTT.com - Mengusung tema Kinetic, Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF KINETIC) diselenggarakan di 29 negara dan 15 kota di Indonesia. Melalui tema tersebut, diharapkan adanya gerakan-gerakan yang berasosiasi dengan kekuatan maupun energi. Dinamika gerakan ini mewakili usaha-usaha para penggiat sinema yang tidak larut dan menyerah pada situasi pandemi.

Presiden JAFF Budi Irawanto dalam keterangan tertulis mengatakan di tengah situasi pandemi, Kinetic menggarisbawahi pentingnya merawat gerak sinema Asia demi mencapai kebesarannya. "Masyarakat bersama JAFF 15 dapat terlibat aktif bagi mereka yang paling membutuhkan bantuan di tengah krisis, dengan mengarungi gelombang perubahan oleh pesatnya perkembangan teknologi dan transformasi mendasar dalam ekologi media kontemporer," kata Budi.

JAFF sendiri merupakan festival film di Indonesia yang digelar setiap tahun sejak 2006 saat terjadi gempa di Yogyakarta. Festival ini lahir untuk mendekatkan sineas dengan masyarakat.

Oleh sebab itu, dengan semangat yang demikian JAFF KINETIC menyasar pada 29 negara Asia Pasifik. Negara-negara dimaksud antara lain: Australia, Cambodia, China, Denmark, Germany, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Japan, Kazakhstan, Laos, Lebanon, Malaysia, Myanmar, Norwegia, Philippines, Qatar, Serbia, Singapore, Sri Lanka, South Korea, Taiwan, Thailand, Tibet, Turkey, USA, Uzbekistan, dan Vietnam.

Sedangkan 15 kota di Indonesia antara lain: Yogyakarta, Aceh, Padang, Lampung, Bandung, Tegal, Jember, Klungkung, Balikpapan, Makassar, Palu, Sumbawa, Lombok Timur, Kupang, dan Papua. Di kota-kota ini, JAFF KINETIC bekerja sama dengan komunitas-komunitas film setempat.

Sebanyak 128 film (57 feature dan 71 film pendek) siap ditayangkan yang terbagi dalam beberapa program, antara lain Asian Perspectives, JAFF-NETPAC, Light of Asia, Indonesian Films Splash, Special Program dengan Shanghai IFF 2020 dan Kemenparekraf, serta kolaborasi bersama 15 komunitas film tersebut.

Komunitas Film Kupang Siap Gelar JAFF KINETIC di Kota Kupang

Kupang, Nusa Tenggara Timur adalah salah satu dari 15 kota di Indonesia yang dipilih untuk menggelar 15Th JAFF KINETIC. Dalam melangsungkan pergelaran film tersebut, JAFF bekerja sama dengan Komunitas Film Kupang (KFK).


Koordinator 15Th JAFF KINETIC di Kupang, Irwan Sableku kepada Leko NTT mengatakan, ada 36 film yang akan diputar pada 15th JAFF-Kinetic di Kota Kupang. "Di Kupang, kita akan putar 36 film. Ada 2 film dari KFK, 4 Film karya teman-teman Sineas NTT, 16 Film karya sutradara Indonesia dan Asia yang dikurasi oleh tim JAFF-NETPAC, dan 14 film dari Komunitas penyelenggaran 15th JAFF-Kinetic di 14 Kota lainnya," kata Irwan yang juga penggiat film di KFK.

Irwan menjelaskan, malam pemutaran akan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 27 hingga 28 November 2020 di Ruko F-Square Perumnas, Lantai 2. "Kita akan memberlakukan protokol kesehatan mulai dari seluruh panitia hingga penonton."

Hal itu pun ditegaskan Adriana Ajeng Ngailu penggiat KFK. Ajeng mengungkapkan dalam memberlakukan protokol kesehatan, jumlah penonton akan dibatasi. "KFK batasi penonton, hanya 30 orang per slot, ruangan pun akan dipersiapkan dengan baik mulai tanggal 26 November dengan semprot disinfektan, ruangan benar-benar steril," katanya.

Selain itu, ruangan yang dijadikan tempat pemutaran film pun akan disediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan kursi-kursi diatur berjarak. Penonton juga diharapkan menggunakan masker.

Ajeng menjelaskan, rangkaian JAFF KINETIC di Kupang sudah dilangsungkan sejak 24 November 2020. Acara yang sudah dilangsungkan adalah Live Streaming Instagram (Live IG) di akun @komunitasfilmkupang yang membahas tema seputar dunia perfilman. Sesi pertama Live IG bertemakan Pengalaman Membuat Film Pendek dengan menghadirkan Adipapa Otanu, penggiat KFK sebagai pembicara dan dimoderatori oleh Tata Yunita, penggiat KFK.

Sesi kedua Live IG dilangsungkan pada hari ini Rabu (25/11) pukul 15.00-16.30 WITA. Hadir sebagai pembicara adalah jaringan perfilman di NTT antara lain: Kita Kefa TV (Kefamenanu, TTU), Hotu-Hotu (Atambua, Belu) dan Komunitas Kahe (Maumere, Flores) dengan tema Jejaring Perfilman Provinsi NTT. Live IG ini akan dipandu oleh Yedi Letedara, penggiat film di KFK.

Film Exhibition Hari Pertama

Pemutaran film akan dilangsungkan selama dua hari mulai tanggal 27 hingga 28 November 2020 di Markas KFK, Aula Ruko F-Square Lantai 2, Perumnas Oebobo. Pada hari pertama (27/11), pemutaran film akan dibagi dalam empat slot.

Slot pertama dilangsungkan pada pukul 13.15 - 14.45 WITA. Film yang diputar terdiri dari satu film KFK dan dua film karya anak-anak NTT.

Slot kedua dilangsungkan pada pukul 15.00 - 17.00 WITA. Film yang diputar adalah "Mekong 2030" (2020).

Slot ketiga akan dilangsungkan pada pukul 17.00 - 18.50 WITA. Di slot ini terdapat 5 Indonesian Film Splash Short 3.

Slot keempat akan dilangsungkan pada pukul 19.00 - 21.30 WITA. Ada 7 Film Forum Komunitas.


Film Exhibition Hari Kedua

Di hari kedua, Sabtu (28/11) KFK akan memutar 16 film yang terbagi dalam empat slot sebagai berikut:

Slot pertama, satu film pendek dari KFK dan dua film pendek karya anak NTT. Tiga film ini akan diputar pada pukul 13.15 - 14.45 WITA.

Slot kedua, lima film Light of Asia 3, diputar pada pukul 15.00 - 17.00 WITA.

Slot ketiga, Asian Film Perspective, diputar pada pukul 17.00 - 18.50 WITA.

Slot keempat, tujuh film Forum Komunitas, diputar pada pukul 19.00 - 21.30 WITA.


Untuk mendaftarkan diri dalam slot nonton, calon penonton bisa menghubungi kontak 0822-9877-2868 dan terus memantau akun IG @komunitasfilmkupang untuk mengakses informasi terbaru. Akan ada Film Exhibition hari kedua dan kegiatan selanjutnya seperti Live Music.

KFK dalam menggelar 15Th JAFF KINETIC didukung oleh beberapa jaringan komunitas dan media partner di Kota Kupang seperti Komunitas Sekolah Multimedia Untuk Semua (SkolMus), Komunitas Timore Art Graffiti, Komunitas Leko, AFB TV, Dian Timur, Kita Kefa TV dan Leko NTT. (klk)

Related Posts:

0 Response to "KFK Tuan Rumah Jogja-NETPAC Asian Film Festival di Kota Kupang"

Posting Komentar

Translate

Populer Dalam Minggu Ini