LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian | Baca Buku Apa Hari ini? | Cegah Covid-19, Patuhi Protokol Kesehatan
A Luta Continua, Leko Menyapa Anak-Anak Ex Timor-Timur - LekoNTT.com

A Luta Continua, Leko Menyapa Anak-Anak Ex Timor-Timur




Noelbaki, LekoNTT.com - Momen bulan kemerdekaan, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia tahun 2020, Komunitas Leko dan Buku Fanu melaksanakan Safari Literasi di kelompok Belajar A Luta Continua, Pabrik Kulit, Camp Noelbaki Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Sabtu (15/8).

A Luta Continua, kelompok belajar yang dibentuk untuk anak-anak ex Timor-Timur yang tinggal Noelbaki. Chintia Meok, salah satu pendamping A Luta Continua kepada Leko NTT mengatakan, taman baca ini didirikan untuk membantu anak-anak ex Tim-Tim untuk bisa membaca dan belajar.

"Taman baca ini dibangun karena sebagian anak-anak di sini tidak bisa membaca dan menulis, ayah-ibu mereka hanya buruh tani, dan sebagian anak-anak bersekolah di sekolah gratis, tetapi di sekolah itu dikarenakan tenaganya sukarelawan, maka anak-anak bisa dan tidak membaca tetap naik kelas. Saat taman baca ini dibangun, bahkan ada anak kelas 3 dan 4 SD yang belum tahu membaca," tandasnya.

Sejak berdiri pada Mei 2020, kelompok belajar ini memiliki dua orang pengurus yang melaksanakan kegiatan setiap Sabtu. Chintia berharap agar anak-anak A Luta Continua bisa memiliki masa depan yang lebih baik. "Paling tidak anak-anak di sini bisa membaca, menulis dan berhitung. Dengan begitu, jika dewasa nanti anak-anak ini tidak mudah ditipu".

Safari literasi sendiri merupakan agenda rutin Komunitas Leko Kupang selain Kencan Buku. Herman Efriyanto Tanouf, Koordinator Komunitas Leko berharap dengan adanya kunjungan ini anak-anak di A Luta Continua bisa lebih bersemangat. "Safari ini merupakan agenda rutin komunitas Leko Kupang. Kami berharap dengan adanya kunjungan ini, nantinya kami bisa berkolaborasi lagi dengan beberapa komunitas untuk berkunjung lagi ke taman baca A Luta Continua," kata Herman.
Ayi Rambu Kareri, pustakawati Komunitas Leko saat mendongeng di hadapan anak-anak.

Herman pun membeberkan kegiatan yang dilangsungkan seperti mewarnai gambar, mendongeng, pembacaan puisi, donasi sekaligus membuka taman baca. "Semoga nanti Leko bisa kembali dan memberi lebih banyak sumbangsih dan motivasi kepada adik-adik di sini".

Suasana mewarnai gambar


Penyerahan buku dari Komunitas Leko kepada Taman Baca A Luta Continua




Penulis: Silviona Pada & Emanuel Seto Rangga

Related Posts:

0 Response to "A Luta Continua, Leko Menyapa Anak-Anak Ex Timor-Timur"

Posting Komentar

Translate

Populer Dalam Minggu Ini