LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian | Baca Buku Apa Hari ini? | Cegah Covid-19, Patuhi Protokol Kesehatan
A Luta Continua, Anak-Anak Timor dan 75 Tahun Indonesia Merdeka - LekoNTT.com

A Luta Continua, Anak-Anak Timor dan 75 Tahun Indonesia Merdeka




Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-75 Republik Indonesia, beberapa penggiat Komunitas Leko Kupang mengunjungi anak-anak yang tinggal di Pabrik Kulit, Camp Noelbaki, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan tersebut dilangsungkan pada Sabtu (15/8) pukul 15.00 sampai 18.00 Wita.

Adalah kerja sama Komunitas Leko, Buku Fanu-lini usaha Leko, dan kelompok belajar A Luta Continua. Kegiatan yang bertajuk Safari Literasi Leko ini sekaligus dalam rangka menyongsong ulang tahun Komunitas Leko dan Buku Fanu pada 9 September mendatang, dan festival tahunan: Kencan Buku Fesek III yang belum pasti jadwal keberlangsungannya sebab adanya pandemi Covid-19.

Melalui kegiatan tersebut, para penggiat bermain dan belajar bersama anak-anak lewat mewarnai gambar, mendongeng, pembacaan puisi, baca gratis dan membuka taman baca mini A Luta Continua. Di Pabrik Kulit-satu gedung disekat-sekat dan dihuni oleh 29 Kepala Keluarga. Di antara mereka, terdapat lebih dari 40 anak. Anak-anak itu, kini tergabung dalam satu kelompok belajar yang dinamai "A Luta Continua" yang berarti Teruslah Berjuang.

Bertepatan dengan perayaan HUT ke-75 RI, para penggiat di Komunitas Leko mengajak semua orang untuk kembali merefleksikan keberadaan saudari-saudara yang sejak tahun 1999 memilih untuk mencintai NKRI secara utuh. Mereka memilih meninggalkan sanak saudara, tanah tumpah darah, dan segala kepunyaan untuk hidup di tanah Indonesia, sebagai bagian intim dari bangsa Indonesia.

Namun demikian, situasi yang mereka alami tidak sepenuhnya diperhatikan Indonesia sebagaimana cinta mereka kepada NKRI itu sendiri. Beberapa kebutuhan seperti tempat tinggal, kebun, bahkan bahan bacaan alternatif tidak mereka miliki.

Melalui Safari Literasi dengan mengindahkan protokol kesehatan (Covid-19), para penggiat menyapa mereka, anak-anak yang hampir dilupakan. Dengan segala kepunyaan dan keterbatasan, para penggiat berbagi bersama anak-anak di Pabrik Kulit, Camp Noelbaki.
Berikut, dokumentasi kegiatan pertama saat anak-anak mewarnai gambar.


(aleksa)

Related Posts:

0 Response to "A Luta Continua, Anak-Anak Timor dan 75 Tahun Indonesia Merdeka"

Posting Komentar

Translate

Populer Dalam Minggu Ini