LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Mahasiswi Dianiaya Pacar, Kenali Bentuk Kekerasan dalam Pacaran - LekoNTT

Mahasiswi Dianiaya Pacar, Kenali Bentuk Kekerasan dalam Pacaran


Kupang, LekoNTT.com -  Senada dengan berita yang diturunkan sebelumnya tentang penganiayaan yang dilakukan kepada pacarnya, ternyata kekerasan dalam pacaran sangat sering terjadi. Tetapi tahukah anda mengapa kekerasan sering terjadi dalam sebuah hubungan pacaran?

Ilustrasi Kekerasan dalam Pacaran
Dilansir dari situs Magdalene.co, Komisioner Komnas Perempuan Mariana Amiruddin mengatakan, kekerasan dalam pacaran terjadi karena cinta masih dianggap sebagai kepemilikan dalam budaya Indonesia. 
Pada umumnya, privasi juga masih dianggap remeh. Padahal, mengecek pesan whatsapp dari pacar secara diam-diam, atau membuka facebook pacar secara diam-diam, juga dikategorikan sebagai bentuk kekerasan.
“Banyak orang tahu apa yang benar dan apa yang seharusnya mereka lakukan, namun mereka tidak tahu hak-hak mereka,” ujar Mariana dalam sebuah seminar mengenai kekerasan dalam pacaran, yang diadakan baru-baru ini oleh Yayasan Pulih di Universitas Indonesia (UI).
Cemburu yang keterlaluan dan posesif seringkali dianggap sebagai ekspresi cinta. Ini sering membuat seseorang merendahkan pacar atau mempermalukannya di depan umum. Hal tersebut juga adalah bentuk kekerasan, bukan hanya penyiksaan secara fisik.
“Biasanya ada pola untuk perilaku kekerasan. Pertama, periode ledakan ketika kekerasan fisik, emosional, verbal atau seksual terjadi; diikuti dengan masa bulan madu ketika pelaku meminta maaf, menyalahkan kekerasan yang dilakukannya terhadap hal lain dan berjanji berubah,” ujar Angesty Putri Ageng, psikolog sukarela di Yayasan Pulih, yang memberikan konseling dan bantuan litigasi untuk para korban kekerasan.
Berikut ada 10 (sepuluh) tanda kekerasan dalam pacaran yang perlu kamu waspadai
1.       Menggunakan kekerasan fisik untuk menyakiti atau mengintimidasi
2.       Mempunyai emosi yang meledak-ledak
3.       Bersifat posesif dan cemburu yang berlebihan
4.       Selalu meremehkan atau mengejek kamu
5.       Menguntit kamu secara fisik dan digital
6.       Mengecek telepon dan media sosial kamu tanpa izin
7.       Menjauhkan kamu dari keluarga atau teman-teman
8.       Menuduh kamu yang tidak-tidak atau tanpa alasan
9.       Memaksa kamu berhubungan seks
10.   Jika sepakat berhubungan seks, menolak menggunakan kontrasepsi

Related Posts:

0 Response to "Mahasiswi Dianiaya Pacar, Kenali Bentuk Kekerasan dalam Pacaran"

Posting Komentar